Posted in Noctober (2017), Opini, Random Thought

Esensi Kosmetik

Sebenarnya esensi dari make up, atau kosmetik, itu apa? Mengapa orang-orang berlomba-lomba mempercantik diri dengan menghias wajahnya menjadi yang “bukan” mereka?

Kosmetik sendiri sudah ada sejak zaman peradaban kuno. Mungkin di antara kalian ada yang mengenal Peradaban Mesir dan Peradaban Lembah Sungai Indus? Di masa itu, kosmetik sering digunakan baik oleh laki-laki maupun perempuan. Orang-orang Mesir Kuno suka menggunakan eye liner dan eye shadow berwarna gelap, perempuan-perempuan Lembah Sungai Indus gemar menggunakan lipstik sebagai hiasan wajah. Tidak ketinggalan, orang-orang Someria kuno juga gemar menggunakan lipstik―bahkan diduga merekalah penciptanya.[1]

Jadi, sejak awal memang esensi penggunaan kosmetik adalah untuk menghias wajah, tidak berubah hingga saat ini. Orang-orang masih menggunakan kosmetik untuk menghias wajah; membuat bibir mereka merah, membuat pipi mereka berseri, membuat mata mereka kelihatan lebih lebar, bahkan membuat hidung mereka kelihatan lebih mancung.

Semuanya memang untuk menghias wajah, ‘kan?

Tapi, sebentar, mana yang benar; menghias wajah atau merasa wajah tidak cantik sehingga menggunakan cantik yang digeneralisasi banyak manusia sebagai hiasan wajah?

Kedua hal itu berbeda tipis, loh.

 

[1] https://en.m.wikipedia.org/wiki/Cosmetics

 

– revabhipraya
07.10.2017 21.40

#Noctober2017
#Noctober2017Day06

Advertisements

Author:

Pecinta dunia tulis-menulis dan hitung-hitungan. Mahasiswi S1 Statistika di sebuah universitas di Jatinangor. Berdomisili di Bandung, tepatnya di bawah naungan sebuah rumah satu tingkat dengan sebuah keluarga kecil yang terdiri dari empat orang anggota bonus tiga belas ekor kucing.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s