Posted in #Noctober2017, Opini

Nilai

Orang-orang bilang nilai bukanlah pengukur keberhasilan.

Menurutku, meski ada benarnya, itu juga merupakan sebuah kebohongan.

Coba, di zaman sekarang ini, mana ada perusahaan yang mau menerima pekerja dengan IPK di bawah 2.00? Mana ada guru yang mau mengirim anak didik bernilai di bawah 30 untuk olimpiade? Mana ada orang tua yang bangga saat anaknya dapat nilai 0?

Nilai yang baik memang bukan penentu segalanya, tetapi nilai yang buruk saat ini masih menjadi sesuatu yang seolah tabu di tengah masyarakat. Orang tua pasti malu saat anaknya mendapat nilai buruk. Seorang anak juga pasti malu saat dirinya mendapat nilai buruk.

Pernahkah ada yang berpikir bahwa mungkin anak yang nilainya kerap dapat 0 itu akan menjadi calon pemimpin negeri ini di masa yang akan datang? Bahwa ia mungkin akan menjadi penemu galaksi baru? Bahwa ia mungkin akan menjadi rektor universitas nomor satu di dunia?

Rasanya sayang, menghalangi potensi seseorang hanya karena “nilainya tidak mencukupi”.

Ada banyak hal yang lebih dapat dijadikan tolak ukur ketimbang nilai yang tertera di raport. Sikap, keterampilan, kepandaian berbicara, bahkan senyum pun dapat menjadi salah satu tolak ukur yang lebih berarti daripada nilai.

Lagi pula, IPK tidak menjamin seorang mahasiswa tidak mencontek saat ujian. Nilai raport tidak menjamin seorang siswa paham materi pelajarannya. Juara pertama tidak menjamin si pemenang benar-benar jago.

Jadi, nilai bukanlah pengukur keberhasilan adalah kebenaran berlapis kebohongan.

 

– revabhipraya
03.10.2017 20.56

#Noctober2017
#Noctober2017Day03

Advertisements

Author:

Pecinta dunia tulis-menulis dan hitung-hitungan. Mahasiswi S1 Statistika di sebuah universitas di Jatinangor. Berdomisili di Bandung, tepatnya di bawah naungan sebuah rumah satu tingkat dengan sebuah keluarga kecil yang terdiri dari empat orang anggota bonus tiga belas ekor kucing.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s