Posted in Opini, Random Thought, Scriven September (2017)

Sisi Manusia

Semua orang punya sisi baik dan buruk dalam dirinya masing-masing, mau sesuci apapun orang itu. Mengapa? Sebab pada dasarnya, manusia adalah tempatnya salah dan lupa.

Tapi, bukan berarti tidak bisa benar dan ingat.

Satu saat kita bisa membagikan uang kita dengan ikhlas, memberi uang kepada penjaga kereta api misalkan. Tapi kita juga bisa mendadak pelit karena merasa si penerima tidak butuh, menolak membuka jendela mobil kepada pengemis di perempatan lampu merah misalkan.

Satu saat kita bisa menyikapi semua hal dengan kepedulian tinggi, menyingkirkan paku yang tergeletak di pinggir jalan misalkan. Tapi kita juga bisa mengabaikan hal-hal yang butuh perhatian, membiarkan tong sampah yang penuh terguling di jalan misalkan.

Satu saat kita bisa mengingatkan orang untuk tidak melakukan hal buruk, mengajak teman mengerjakan tugas bersama misalkan. Tapi kita juga bisa mengabaikan hal-hal buruk yang dilakukan orang, membiarkan kerumunan orang di kursi belakang melakukan aksi contek-mencontek bersama misalkan.

Satu saat kita bisa berbuat baik kepada orang lain, menjenguk teman yang sakit misalkan. Tapi kita juga bisa menyikapi orang-orang dengan acuh tak acuh, merespons ucapan menggebu-gebu seseorang dengan sepatah kata “hm” misalkan.

Terkadang memang kita tidak bisa mengatur sisi “iblis” dan “malaikat” kita. Kurasa, itu wajar. Ada kalanya manusia memang ingin berbuat baik terus, ada kalanya manusia lelah menjadi orang baik.

Yah, asalkan sisi “malaikat” seorang manusia masih mendominasi, kurasa itu bukan masalah.

 

– revabhipraya
29.09.2017 21.17

#ScrivenSeptember
#ScrivenSeptemberDay29

Advertisements

Author:

Pecinta dunia tulis-menulis dan hitung-hitungan. Mahasiswi S1 Statistika di sebuah universitas di Jatinangor. Berdomisili di Bandung, tepatnya di bawah naungan sebuah rumah satu tingkat dengan sebuah keluarga kecil yang terdiri dari empat orang anggota bonus tiga belas ekor kucing.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s