Posted in #JumblingJuly2017

Meng-Excel-kan Diri

Aku pernah menyebutkan, satu atau dua kali, bahwa aku sangat suka menggunakan Microsoft Excel. Saat aku sedang bosan dan tidak ada yang bisa kukerjakan, biasanya aku mencari-cari alasan untuk menggunakan aplikasi yang satu ini. Biasanya, tidak sering loh ya, aku mencari-cari sesuatu yang bisa dihitung, lalu aku hitung sesuatu itu menggunakan Microsoft Excel. Hahaha.

Saat aku mendapatkan data yang bisa kupakai untuk menghitung iseng di Excel, nah, itulah saat dimana aku lupa waktu.

Menghabiskan waktu dengan Excel adalah hal yang menyenangkan, serius. Mengutak-atik rumus IF, VLOOKUP, HLOOKUP, dan kawan-kawannya adalah sesuatu yang bisa membuatku mengerutkan dahi saking seriusnya. Dan, aku benar-benar tidak sadar jam jika sudah bekerja dengan Excel. Oh, kecuali kalau memang aku sudah dihadapkan dengan banyak angka di berbagai sheet yang tidak menghasilkan angka sesuai harapanku. Kalau sudah begitu, biasanya aku akan menyerah sebab otakku sudah kelewat pusing, hehe.

Excel adalah salah satu hal yang bisa kubanggakan. Awalnya kukira semua orang juga bisa mengoperasikan Excel dengan semua formula yang ia miliki, dengan semua fitur yang telah ia punya. Eh, ternyata aku salah. Karena itulah setiap kali ada yang butuh menggunakan Excel dan kesulitan menggunakannya, aku dengan mudahnya akan berkata, “Ya udah, sama aku aja.”

Dan itu bukan karena aku maso, ya. Aku memang bahagia saat harus mengutak-atik Excel. Hahaha.

 

Bandung, 9 Juli 2017 20:32 WIB

Author:

Pecinta dunia tulis-menulis dan hitung-hitungan. Mahasiswi S1 Statistika di sebuah universitas di Jatinangor. Berdomisili di Bandung, tepatnya di bawah naungan sebuah rumah satu tingkat dengan sebuah keluarga kecil yang terdiri dari empat orang anggota bonus tiga belas ekor kucing.

One thought on “Meng-Excel-kan Diri

Leave a Reply

