Posted in #JumblingJuly2017

Rilis

Benda dalam bentuk nyata, alias benda fisik, memang biasanya lebih berkesan karena keberadaannya yang dapat dipandang mata, sekali lihat memori langsung muncul di benak layaknya pemutaran video. Seperti saat melihat potret, kalung, buku, dan benda-benda fisik lainnya, otomatis otak kita akan membawa kita tenggelam ke dalam ingatan tersebut.

Beda halnya dengan sesuatu yang tidak dapst disentuh, tetapi dapat dibaca dan dinikmati: tulisan.

Ada satu tulisan nonfiksi yang pernah aku, dan kamu, tulis bersama. Sejujurnya, aku bukan tipe orang yang pandai menulis nonfiksi. Aku ini penulis fiksi, mulai dari puisi tanpa ujung, cerita pendek, fanfiksi, sampai novel, semuanya fiksi. Sering aku menulis kisah berdasarkan kejadian di dunia nyata, tetapi itu tidak bisa dikategorikan sebagai nonfiksi. Pernah aku menulis esai, karya ilmiah, dan kawan-kawannya, tetapi aku tidak merasa hasratku ada di sana. Lantas apa yang membuatku mau menyusun sebuah tulisan nonfiksi alias ilmiah bersamamu?

Departemen kita rutin mengadakan kajian, dan tentunya setelah itu ada rilis yang harus kita buat. For your information, rilis kajian adalah tulisan berisi ringkasan materi bonus hasil diskusi selama kajian. Nah, pada diskusi ketiga semester lalu, aku sudah berjanji akan menyusun rilis kajiannya, tetapi situasi dan kondisi tidak memungkinkanku untuk menggunakan laptop sehingga terpaksa kamu lagi yang mengerjakannya―dua kajian sebelumnya selalu kamu sendiri yang menyusun rilisnya, dan itu membuatku amat sangat merasa tidak enak sekaligus tidak berguna sebagai seorang staf.

Akhirnya janjiku terlaksana di kajian berikutnya. Yah, meski aku tidak benar-benar menyusunnya sendiri―ada kamu―tetapi setidaknya aku sudah mengurangi bebanmu yang besar itu. Hehe.

Aku ingat kita menyusun kerangkanya bersama sambil makan siang, di depan adikku dan (ehem) kakak kelasnya. Sambil menyusun rilis, aku dan kamu juga mengobrol dalam tulisan. Ya, kalau boleh mengaku, kita menggosipi dua manusia di depan kita―sambil menyelesaikan pekerjaan kami, kok, hahaha.

Kita memang tidak menyelesaikan rilis itu sekaligus saat makan siang, tetapi kita menyelesaikannya via online di hari setelahnya. Aku menyelesaikan bagianku, lalu kamu menambahkan “sedikit”, katamu, tetapi bagiku tambahan itu benar-benar luar biasa dan aku menyukainya.

Dan itulah pertama kalinya kita saling berbagi tulisan, juga menulis bersama.

Dan … ya, aku menyukainya.

 

Bandung, 6 Juli 2017 21:40 WIB

Author:

Pecinta dunia tulis-menulis dan hitung-hitungan. Mahasiswi S1 Statistika di sebuah universitas di Jatinangor. Berdomisili di Bandung, tepatnya di bawah naungan sebuah rumah satu tingkat dengan sebuah keluarga kecil yang terdiri dari empat orang anggota bonus tiga belas ekor kucing.

2 thoughts on “Rilis

Leave a Reply

