Posted in #JumblingJuly2017

Gantungan Kunci Couple

Saat aku masih SD, Ayah pernah membelikan dua pasang gantungan kunci couple untukku dan Adik. Sebenarnya beliau membeli dua pasang untuk dibagi: sepasang untuk aku dan Adik, sepasang lagi untuk Ayah dan Ibu. Akan tetapi, yah, namanya anak kecil, aku dan adikku mengklaim satu pasang sebagai milik kami—karena memang satu pasang satu bungkus—jadilah kami masing-masing punya satu pasang gantungan kunci couple.

Padahal, anak SD mau pakai gantungan kunci couple untuk apa coba?

Gantungan kunci couple itu bentuknya sederhana, hanya berupa potongan puzzle yang bisa merupakan pelengkap satu sama lain. Di gantungan yang pertama terdapat logo laki-laki berwarna biru dan di gantungan yang kedua terdapat logo perempuan berwarna merah muda. Sederhana, ‘kan? Tapi, mengutip pendapat seseorang, “Bermakna.”

Sempat terpikir di otakku untuk memberikan salah satu keping puzzle itu kepada seseorang yang bermakna bagi hidup dan hatiku—ih, bahasaku baper begini. Dan kebetulan, setelah mendapatkan gantungan kunci couple yang awalnya tidak bisa kutentukan akan kuberikan kepada siapa karena aku hanya sekadar ingin, aku bertemu dengan tiga orang—secara bergantian, tentunya—yang … kupikir mereka adalah makna sesungguhnya dari apa yang kuharapkan terwujud untuk hidup di sisiku. Tahunya, aku salah.

Aku tidak akan membahas ketiganya seperti apa karena menurutku itu bukan inti dari tulisan ini. Pokoknya, aku bersyukur aku tidak sempat memberikan potongan puzzle-ku karena aku lupa—biasanya aku benci saat aku lupa, namun kini aku bersyukur saat aku lupa—jadi hingga detik aku menuliskan kalimat ini pun, aku masih memegang kedua potongannya. Mungkin diam-diam hatiku tahu bahwa dirinya belum menemukan “tempat” yang tepat sehingga mendorong otakku untuk membiarkan kedua potongan puzzle itu tinggal di tempat pensilku.

Dan omong-omong, apakah potongan puzzle ini harus kuberikan kepadamu?

 

Bandung, 4 Juli 2017 13:53 WIB

Author:

Pecinta dunia tulis-menulis dan hitung-hitungan. Mahasiswi S1 Statistika di sebuah universitas di Jatinangor. Berdomisili di Bandung, tepatnya di bawah naungan sebuah rumah satu tingkat dengan sebuah keluarga kecil yang terdiri dari empat orang anggota bonus tiga belas ekor kucing.

One thought on “Gantungan Kunci Couple

Leave a Reply

