Posted in #NulisRandom2017

#NulisRandom2017 – 38: 19 Fakta Tentangku

Sebenarnya tulisan ini seharusnya ku-post di Facebook—eh, aku melakukannya juga, kok—tapi berhubung aku juga ingin mengenalkan diriku sendiri di blog ini, jadi aku menuliskannya di sini juga. Semoga kalian tidak keberatan!

Jadi … ini dia, 19 fakta tentang diriku sendiri. Omong-omong, angka 19-nya kudapat dari seorang teman di Facebook—ini sedang tren jadi semacam mainan berantai, begitulah.

  1. Sejak di rahim (andaikan aku ingat), aku terbiasa hidup berpindah-pindah. Aku lahir di Bandung, pindah ke Jakarta saat masih bayi, pindah lagi ke Bandung menjelang kelahiran adikku, pindah lagi ke Jakarta saat aku akan TK B, dan pindah lagi ke Bandung saat aku SMP. Hingga kini aku masih tinggal di Bandung, tetapi itu pun tidak luput dari pindahan. Enam tahun lebih aku tinggal di Bandung, sudah lima rumah aku tempati.
  2. Sejak kecil, aku memang selalu didekatkan kepada dunia imajinasi. Majalah-majalah anak semacam Mombi, Ori Lebah, Princess, Bobo, dan sebagainya jadi asupanku sehari-hari. Makanya tidak heran kalau kini aku tergila-gila pada dunia fiksi, khususnya fanfiksi (sudah lama tidak membuat fiksi orisinal, hiks).
  3. Aku adalah penyuka segala jenis makanan, dan aku lumayan hobi makan. Meski begitu, aku tidak kunjung gendut—sepertinya karena gen, aku cuma bisa sampai taraf “berisi”. Malahan sekarang aku bisa dibilang (sangat) kurus padahal masih rajin makan. Kemungkinan besar karena aku terlalu capek harus bolak-balik rumah-kampus yang jaraknya sekitar 17 kilometer diiringi kemacetan luar biasa hampir setiap hari—kadang bahkan dua kali sehari.
  4. Aku tidak suka olahraga, tetapi aku lumayan jago berenang, badminton, dan pingpong. Saat SD bahkan aku adalah salah satu atlet renang andalan saat perlombaan—biasanya aku dapat juara dua, ada satu orang temanku yang jauh lebih jago dan tinggi selalu dapat juara satu. Kalau lari? Ah, jangan tanya, mustahil untukku.
  5. Jalanku cepat, kadang malah terlalu cepat sampai orang-orang tidak bisa mengikuti langkahku. Aku bukannya tidak mau berlama-lama di jalan atau bagaimana, hanya saja aku terlatih seperti ini sejak empat tahun yang lalu. Karena inilah setiap kali aku melihat orang menghalangi jalanku dengan kecepatan bak kura-kura, aku langsung merapalkan berbagai jenis doa kesabaran dalam hati. Aku tidak tahan, masalahnya.
  6. Pertama kalinya aku pergi ke luar negeri adalah empat tahun yang lalu, tepatnya 3 – 17 Maret 2014, ke Singapura, dan bukan bersama keluargaku melainkan bersama tiga belas orang teman satu angkatanku dan dua orang guru dalam rangka kunjungan sekolah opsional. Tapi di sana, bukannya kunjungan akademik, kami malah lebih banyak liburan. Saat kembali ke sekolah, aku lupa bagaimana cara mengerjakan soal trigonometri, hahaha.
  7. Semasa sekolah, Matematika adalah pelajaran favoritku—diiringi Pemrograman di mana aku adalah satu-satunya perempuan di kelas pilihan itu. Aku suka menghitung dan menyelesaikan masalah secara matematis, dan aku bahkan tidak akan bisa tidur jika belum berhasil menemukan pemecahan atas satu soal. Ya, aku sampai seperti itu.
  8. Aku sering disangka kakak-adik saat berjalan bersama ibuku dan disangka teman sebaya saat berjalan bersama adikku. Tapi, jangan sebut wajahku boros atau terlalu baby face sebab justru ibu dan adikkulah yang perawakannya tidak sesuai umur. Ibuku wajahnya awet muda sedangkan adikku badannya besar, kurang lebih sama denganku sehingga kami sering tukar-menukar pakaian.
  9. Mendengarkan radio jadi hobi yang rutin kulaksanakan akhir-akhir ini. Awalnya karena ayahku membawa sebuah stereo lama yang memang milik kami ke rumah, lalu kami jadi rajin mendengarkan radio. Dan karena sekarang aku menyetir mobil sendiri ke kampus, jadilah radio jadi temanku selama perjalanan.
  10. Suka menonton drama polisi Amerika semacam NCIS, CSI, Criminal Minds, Bones, Stitchers, Castle, dan sebagainya, lumayan suka menonton drama Jepang semacam Liar Game, Mr. Brain, Dr. X, dan lainnya yang suka disiarkan di WakuWakuJapan (aku nonton!), lumayan suka juga menonton drama Korea meski yang baru kutonton hanya Cheese In The Trap dan Goblin. Intinya, aku cukup suka menonton drama, tetapi bukan suatu keharusan. Aku nonton saat aku bosan saja.
  11. Suka kucing dan memelihara 13 ekor kucing di rumah. Kalau ditotal-total sih, kucing yang pernah kurawat ada 45 ekor kucing, tetapi mati sedikit demi sedikit sehingga hanya tinggal 13 ekor saat ini. Tidak kebayang sih, apa yang akan terjadi kepada rumahku kalau semuanya masih hidup. Hahaha.
  12. Aku hobi bermain game, mulai dari game perempuan seperti Barbie yang dulu banyak di PC, kemudian game untuk segala jenis kaum seperti Harvest Moon dan Harry Potter, sampai game laki-laki semacam CounterStrike, Yu Gi Oh!, dan GTA. Jadi, di balik wajahku yang unyu, manis, dan polos (halah), terdapat jiwa teror yang sanggup membuatku mengetik cheat tank di GTA demi menghancurkan kota (aku orang yang seperti itu! Hahaha).
  13. Aku lebih suka mendengarkan lagu Indonesia ketimbang lagu luar, mau itu Barat, Korea, Jepang, apapun—kecuali Goose House, hehe. Alasannya sederhana, karena liriknya lebih mudah dimengerti dan kita bisa seketika menilai mana lagu yang liriknya berbobot mana yang tidak. Karena inilah aku sempat mengalami masa galau saat boyband dan girlband sedang marak di Indonesia. Lagu mereka tidak ada yang benar-benar enak masalahnya. Kini, aku kembali jadi penikmat lagu Indonesia dengan mengandalkan Raisa, Isyana, Tulus, dan lagu-lagu enak di radio lainnya.
  14. Aku bukan tipikal perempuan yang hobi berlama-lama belanja, dan aku tidak suka berbelanja ditemani laki-laki yang bukan keluargaku. Satu, aku memang biasanya belanja saat butuh saja. Dua, aku tidak mudah tergiur dengan persentase diskon yang besar ataupun barang yang sekilas terlihat unyu. Tiga, kalau ditemani laki-laki malah aku merasa tidak bebas memilih ini-itu, aku diperhatikan, begitu, loooh. Empat, aku memang jarang berbelanja, utamanya baju.
  15. Aku adalah tipikal orang yang dapat menghapalkan sesuatu sampai detail jika aku menyukai sesuatu itu. Misalnya seperti Harry Potter, aku hapal nyaris seluk-beluk keseluruhan ceritanya (selama di bawah buku 5 sih, aku belum baca ulang masalahnya). Atau Omen Series, aku juga nyaris hapal detailnya hanya karena aku (sangat) menyukainya. Seperti itulah.
  16. Aku tidak suka kopi, amat sangat tidak suka. Mau itu kopi susu, mau itu kopi yang kadar kopinya hanya 1%, aku tetap tidak suka. Aku hanya suka kopi saat dia diolah dalam bentuk kue, hehehe. Ketahuan seketika ya, kalau aku menyukai teh. Tidak suka-suka amat sampai harus mengonsumsinya setiap hari sih, tetapi aku suka.
  17. Aku adalah seorang pecinta Microsoft Excel. Beri aku pekerjaan yang harus dikerjakan dengan Excel dan akan kukerjakan sampai tidak melirik ponsel sama sekali. Benar deh, aku sangat suka bekerja dengan segala jenis rumus yang bisa diterapkan di Excel, mulai dari yang sederhana seperti sum dan average sampai yang rumit semacam if dan vlookup.
  18. Aku adalah seorang pengetik cepat, tapi aku tidak tahu berapa words per minute-ku. Di kala WB menyerang, hobiku dulu adalah mengetik ulang novel apapun yang ada di sekitarku. Dan aku paling tidak tahan dengan orang yang mengetiknya lambat. Prinsipku, lebih baik aku yang kerjakan daripada aku marah-marah sendiri. Selain pengetik cepat, aku juga pengguna shortcut keyboard, jadi aku gemas kalau ada orang yang mencari-cari tombol copy di saat kita dapat menggunakan Ctrl+C atau masih mengklik tombol save yang bisa lebih cepat ditemukan dengan Ctrl+S.

Dan, yang terakhir …

Saat ini bisa dibilang sedang jatuh cinta (hahaha) kepada seorang kakak tingkat, kepala departemen, ex-penanggung jawab tim, rekan kerja satu kelompok, dan orang yang kumentor di kampus. Benar loh, dia merangkap jadi semua hal itu dalam saat yang sama. Tapi berhubung sekarang sedang peralihan semester, jadi dia tidak lagi menjadi dua hal yang kusebutkan belakangan. Dan di kepengurusan berikutnya, dia tidak akan lagi jadi kepala departemenku. Hahaha.

Mau menuliskan fakta tentang diri sendiri juga? Komentar saja dan akan kuberikan sebuah angka~

 

Bandung, 29 Juni 2017 08:45 WIB

Author:

Pecinta dunia tulis-menulis dan hitung-hitungan. Mahasiswi S1 Statistika di sebuah universitas di Jatinangor. Berdomisili di Bandung, tepatnya di bawah naungan sebuah rumah satu tingkat dengan sebuah keluarga kecil yang terdiri dari empat orang anggota bonus tiga belas ekor kucing.

5 thoughts on “#NulisRandom2017 – 38: 19 Fakta Tentangku

  1. Sedikit banyak kita punya kesamaan lhoo. xD Oh, bukan, bukan excel, matematika, dan sejenisnya. Tidak, terima kasih. 🙂 /pin

    Aku juga mau ikutan!

    Like

  2. Kupikir ku sudah cukup mengenalmu kalau begitu, banyak hal yang memang setelah kupikir-pikir lagi, terbersit ‘Wah memang Rana!’ 😀 Well, apart from the point ‘berjalan cepat’ xD Really? I didn’t notice hahaha. The last point, tho 😀

    Like

  3. Excel, Matematika, dan sejenisnya kesamaan kita? :3 /nak

    18, ya~ aku bilang lewat LINE kemarin XD sudah di-post, ya? Nanti kubaca! 😀

    Like

  4. Berjalan cepat, memangnya menurutmu aku tidak seperti itu? XDD

    Well, sepertinya kalau sama kamu sih, aku berlambat-lambat …

    Hehe, last point 😀

    Like

Leave a Reply

