Posted in #NulisRandom2017, Random Thought

#NulisRandom2017 – 31: Nickname

Ada satu hal yang sering terlintas di dalam benakku, cuma aku tidak pernah benar-benar membagi pemikiran ini kepada orang lain. Sebuah pemikiran random sebenarnya, pemikiran seseorang yang terlalu banyak memerhatikan sesuatu dan merasa gemas terhadap hal tersebut.

Ini soal … nickname alias nama panggilan.

Di Indonesia, tidak semua orang nama panggilannya adalah nama depan. Misalnya seperti nama umum laki-laki, Muhammad Fajar, biasanya mereka dipanggil Fajar, bukan Muhammad. Kalau nama perempuan, misalnya Siti Aisyah, ada yang memang dipanggil Siti, tetapi banyak juga yang dipanggil Aisyah. Atau nama panggilan yang hanya berupa penggalan dari nama depan, misalnya seperti Rahmawati yang dipanggil Rahma, Salsabila yang dipanggil Salsa, atau Nabila yang dipanggil Bila. Atau bahkan nama panggilan yang bisa dibilang merupakan plesetan dari nama lengkapnya, seperti Rozak yang menjadi Ojak, Rasyid yang menjadi Acid, dan sebagainya.

Hal random sebatas nama-panggilan-bukan-nama-depan inilah yang membuatku gemas setiap kali melihat akun media sosial orang, atau secara tidak sengaja melihat orang membuka e-mail dan di sana tertulis, “Hai, nama depan!”

Kalau “Hai, Siti!” atau “Hai, Rahmawati!” kan, masih enak dibaca, ya. Bagaimana kalau “Hai, Muhammad!”? Mau menyaingi Rasul atau bagaimana? Kedengaran seram sih, bagiku.

Intinya dari semua celotehanku yang agak tidak jelas ini adalah, kenapa para sosial media tidak menyediakan kolom nickname setelah nama depan dan nama belakang?

Sepertinya akan jadi lebih enak bagi semua orang, tidak hanya pemilik akun, tetapi juga saksi numpang lewat yang kebetulan melihat si pemilik akun disapa. Tidak akan terasa janggal juga bagi orang-orang sekitar yang biasa memanggil si pemilik akun dengan nama terkait.

Coba misalnya seperti ini.

Nama Depan: Muhammad
Nama Belakang: Rozak
Nama Panggilan: Ojak

Jadi nantinya, si sosial media terkait akan menyapa pemilik akun dengan kalimat,

“Hai, Ojak!”

Lebih enak, ‘kan?

 

Bandung, 26 Juni 2017 15:02 WIB

Advertisements

Author:

Pecinta dunia tulis-menulis dan hitung-hitungan. Mahasiswi S1 Statistika di sebuah universitas di Jatinangor. Berdomisili di Bandung, tepatnya di bawah naungan sebuah rumah satu tingkat dengan sebuah keluarga kecil yang terdiri dari empat orang anggota bonus tiga belas ekor kucing.

One thought on “#NulisRandom2017 – 31: Nickname

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s