Posted in #NulisRandom2017

#NulisRandom2017 – 27: Menikmati Es Krim

Orang-orang punya banyak cara untuk menikmati es krim.

Ya, mulai dari wadah untuk menyantapnya, snack yang dimakan bersama dengannya, buah yang dicampur dengannya, hingga (mungkin) tempat menikmatinya pun bisa berbeda-beda bagi setiap orang. Ada orang yang lebih suka makan es krim dengan wafer, ada yang tidak. Ada yang mungkin suka es krim polos tanpa campuran apapun, ada yang suka mencampur-adukkannya sampai es krimnya pun tidak terlihat. Beda-beda pokoknya.

Kalau aku dan keluargaku punya cara kami sendiri.

Kalian pasti tahu es krim ukuran setengah liter atau lebih yang suka dijual di minimarket, iya ‘kan? Nah, kami suka membeli es krim jenis itu dalam jumlah banyak, lalu menyimpannya di freezer rumah untuk disantap bersama kapan-kapan. Tidak rutin setiap beberapa hari sekali sih, tetapi itu menjadi suatu hal yang kalau tidak dilakukan itu rasanya aneh, begitu.

Nah, begitu kami semua sedang duduk-duduk tanpa kerjaan yang jelas di rumah, biasanya akan ada satu orang yang mengucap,

“Makan es krim, yuk.”

Dan semuanya akan setuju.

Mungkin sebagian besar orang makan es krim sebesar itu dengan membaginya ke beberapa mangkuk atau gelas sesuai jumlah orang yang akan makan, lalu mereka memakannya masing-masing, ya. Cara itu sama sekali tidak dilakukan di keluargaku—kecuali memang kalau kami membagi es krim yang kami beli dengan sepupu, om dan tante, dan sebangsanya. Cara kami menyantap es krim kami adalah … memakannya sama-sama langsung dari tempatnya. Atau mungkin kalian juga ada yang seperti itu?

Serius loh, mungkin terdengar menjijikkan bagi beberapa orang yang terbiasa makan es krim sendiri, atau mungkin terdengar tidak etis, tetapi makan dengan cara seperti itu merupakan cara yang menyenangkan untuk membentuk kebersamaan. Dengan makan seperti itu, kami otomatis akan duduk melingkar, dengan satu sendok di masing-masing tangan, siap menyantap es krim dengan nafsu sampai tahu-tahu kami menghabiskan es krim besar dalam satu kali makan. Asyik, ‘kan?

Bagiku, hal-hal kecil seperti inilah yang membuatku nyaman dengan atmosfer keluargaku yang serba ajaib ini.

 

Bandung, 25 Juni 2017 14:38 WIB

Advertisements

Author:

Pecinta dunia tulis-menulis dan hitung-hitungan. Mahasiswi S1 Statistika di sebuah universitas di Jatinangor. Berdomisili di Bandung, tepatnya di bawah naungan sebuah rumah satu tingkat dengan sebuah keluarga kecil yang terdiri dari empat orang anggota bonus tiga belas ekor kucing.

2 thoughts on “#NulisRandom2017 – 27: Menikmati Es Krim

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s