Posted in Novel, Review

Review for “In A Blue Moon”

In a Blue MoonIn a Blue Moon by Ilana Tan

My rating: 4 of 5 stars

Bisa dibilang saya ini penggemarnya Ilana sebab semua tulisan dia yang terbit (dalam bentuk novel pun cerpen) saya selalu baca. Mulai dari Summer in Seoul sampai Sunshine Becomes You, bahkan Autumn Once More juga saya baca dan suka. Hanya saja, kalau dibandingkan yang lain, menurut saya cerita yang satu ini ‘greget-nya kurang kerasa.

Seperti biasa, Ilana selalu menyuguhkan bahasanya yang ringan dan menghanyutkan dan inilah salah satu hal yang bikin saya selalu pingin baca karya dia. Anehnya, menurut saya cerita ini agak flat, kalau digambarkan secara grafik, mungkin hanya seperti bukit. Jujur aja, dari semua cerita, saya mengharapkan alur yang secara grafik mirip gunung, tapi pembawaannya gak kasar.

Pembawaan Ilana gak kasar, pembawaannya selalu tenang. Lalu kenapa saya ngerasa kurang?

Apa karena saya gak suka karakternya? Yah, saya gak pernah benci sama suatu karakter sampai saya benci bukunya, sih walau memang pasti ada karakter yang saya gak suka.

Apa karena karakternya terlalu sempurna? Nggak bisa dibilang begitu juga, walau iya, di sini Lucas Ford kelihatannya dewasa dan minim kekurangan banget hahaha.

Apa karena Sophie terlalu cepat maafin Lucas? Nah, kayaknya ini yang bikin dahi saya mengerut terus mikir “Naha ai kamu gercep pisan” atau semacamnya, lah maaf bahasa daerahnya keluar. Kayaknya, bagi saya pribadi, bagian ini yang terlalu kasar dan bikin jalan ceritanya cenderung datar. Mungkin kalo adegan berantem(?)-nya ditambah, saya bakal jadiin ini buku favorit kesekian. XD

Yang jelas, di sini saya paling gak suka karakter Miranda Young. Bukannya menghina Ilana, saya justru kagum saya Ilana yang bisa membuat karakter antagonis semenyebalkan dia sampai-sampai pingin saya cekik walau jelas saya gak bisa. Dan saya suka ke’greget’an saat secara gak langsung, Miranda sama Sophie rebutan Lucas. Ohoho.

Terus jujur lagi, saya cuma inget tiga karakter itu dari novel ini. *crying inside*

View all my reviews

Author:

Pecinta dunia tulis-menulis dan hitung-hitungan. Mahasiswi S1 Statistika di sebuah universitas di Jatinangor. Berdomisili di Bandung, tepatnya di bawah naungan sebuah rumah satu tingkat dengan sebuah keluarga kecil yang terdiri dari empat orang anggota bonus tiga belas ekor kucing.

Leave a Reply

